Home » , Jumat, 24 Mei 2013

Hakekat Dengki

Posted by Unknown


Islam adalah agama rahmatan lil alamin, yang menjaga nilai – nilai kehidupan masyarakat manusia. Manusia sebagai makhluk social tidak lepas dari interaksi antar manusia. Dan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pengertian Hasad

Suatu kecenderungan seorang yang berharap agar nikmat yang diperoleh orang lain hilang. (Ibnu Hajar dalam fathul bari).

Ulama lain menambahkan; yaitu adanya harapan agar nikmat tersebut beralih padanya.

Sikap mengharap hilangnya sebuah nikmat dari pemiliknya, yang diiringi dengan usaha untuk menghilangkannya. (Al-Isfahani, Mufrodat alfadz al-qur'an)

Larangan melakukan sifat Dengki;

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya." (QS. An-Nisa/4;32)

Imam Syaukani berkata; "dalam ayat ini terdapat larangan bagi manusia untuk berangan-angan memiliki sesuatu yang dikaruniakan Allah kepada orang lain, karena itu bentuk ketidak ridhoan seorang hamba terhadap bagian yang telah Allah berikan kepada hamba-hamba-Nya".(Tafsir Fathul Qodir)

Sayyid Qutb berkata; ayat ini berindikasi umum tentang larangan untuk berkeinginan terhadap berbagai bentuk karunia yang telah Allah berikan kepada orang lain yang mukmin (karunia dalam tugas, jabatan, skill, kapabilitas, harta, dll)

Akan lebih baik jika kita lebih memfokuskan permohonan & permintaan kita akan karunia Allah SWT tersebut langsung kepada-Nya daripada berkeluh kesah dan buruk sangka dengan ketidak adilan-Nya (Tafsir Fi Dzilalil Qur'an)

Dengki Merupakan Kemaksiatan Pertama makhluk Allah

61. Dan (ingatlah), tatkala kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu semua kepada Adam", lalu mereka sujud kecuali iblis. dia berkata: "Apakah Aku akan sujud kepada orang yang Engkau ciptakan dari tanah?"

62. Dia (iblis) berkata: "Terangkanlah kepadaku inikah orangnya yang Engkau muliakan atas diriku? Sesungguhnya jika Engkau memberi tangguh kepadaku sampai hari kiamat, niscaya benar-benar akan Aku sesatkan keturunannya, kecuali sebahagian kecil". (QS.Al-Isra/17;61-62)

Berkata Iblis: "Aku sekali-kali tidak akan sujud kepada manusia yang Engkau Telah menciptakannya dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk" (QS./ Al-Hijr/15;33)

Manusia pelopor pelaku sifat dengki

27. Ceritakanlah kepada mereka kisah kedua putera Adam (Habil dan Qabil) menurut yang Sebenarnya, ketika keduanya mempersembahkan korban, Maka diterima dari salah seorang dari mereka berdua (Habil) dan tidak diterima dari yang lain (Qabil). ia Berkata (Qabil): "Aku pasti membunuhmu!". Berkata Habil: "Sesungguhnya Allah Hanya menerima (korban) dari orang-orang yang bertakwa".

28. "Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, Aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya Aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam."

29. "Sesungguhnya Aku ingin agar kamu kembali dengan (membawa) dosa (membunuh)ku dan dosamu sendiri, Maka kamu akan menjadi penghuni neraka, dan yang demikian Itulah pembalasan bagi orang-orang yang zalim."

30. Maka hawa nafsu Qabil menjadikannya menganggap mudah membunuh saudaranya, sebab itu dibunuhnyalah, Maka jadilah ia seorang diantara orang-orang yang merugi. (QS. Al-Ma'idah/5;27-30)

 Sebagian Besar Ahli Kitab adalah Pendengki;

Sebahagian besar ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, Karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka ma'afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. [QS. Al-Baqarah/2;109]

Hakekat Dengki;

Hasad adalah implikasi dari dendam, dan memiliki unsure-unsur buruk yang tak terhingga.
Substansi hasad adalah kebencian terhadap nikmat dan ketidak puasan terhadap ketetapan pemberian keutamaan dari Allah kepada beberapa hamba yang melebihi lainnya.
Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. (QS. Ali Imran;120)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Leave a Reply


Copyright © 2012, BitsaMedia Allrights Reserved - Magazine World Theme - Designed by Uong Jowo Redesigned by Kusriyanto